ENERGI 

Java Consultindo, Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) telah mempresentasikan ISO 50001 pada tanggal 17 Juni 2011. Acara yang telah diselenggarakan di International Congress Center di Jenewa ini dihadiri oleh lebih dari 200 tamu undangan. Rob Steele (Sekretaris Jenderal ISO) menekankan akan pentingnya standard manajemen energi yang baru ini untuk organisasi dan lingkungan hidup, beliau menyatakan bahwa energi tidak lagi hanya masalah teknis, tetapi menjadi perhatian manajemen.

Konsen ini sudah dalam pengembangan oleh ISO sejak tahun 2008. Di bawah naungan lembaga standarisasi Amerika Serikat ANSI dan rekan Brasil mereka ABNT, para ahli dari 44 negara berpartisipasi dalam pengembangan standard ISO 50001. Standard ini meberikan penjelasan tentang persyaratan untuk sistem manajemen energi, yang memungkinkan bagi sebuah organisasi untuk melakukan perbaikan yang sistematis dan berkesinambungan dari kinerja energi terkait, serta memberi peluang terciptanya peningkatan efisiensi energi mereka.

Berdasarkan kerja sama erat komite pembangunan dengan anggota dari negara-negara Eropa, banyak dari isi EN 16001 yang termasuk dalam standard baru ini. Norma Eropa untuk sistem manajemen energi yang diterbitkan pada Agustus 2009, dewasa ini banyak digunakan oleh organisasi dengan konsumsi energi yang tinggi, dalam rangka meningkatkan keseimbangan energi mereka. Selama fase pengembangan ISO 50001, baik organisasi besar, menengah maupun kecil telah dapat dapat menyimpulkan bahwa pengenalan sistem manajemen energi dapat menghasilkan perbaikan besar teradap efisiensi energi, serta akibat finansial yang positif. Pengurangan emisi gas rumah kaca adalah juga merupakan salah satu tujuan yang paling penting dari politik iklim di seluruh dunia, baik untuk pemerintah dan dunia usaha. Sistem manajemen energi dapat memberikan arahan dan dorongan besar untuk mencapai tujuan ini. 

Meningkatnya biaya untuk kebutuhan energi, persyaratan untuk menangani sumber daya secara bertanggung jawab, dan peningkatan perdagangan global semua memerlukan pendekatan baru dan kongkret untuk penggunaan energi. Mengingat persyaratan hukum yang ketat untuk perlindungan iklim dan insentif yang ditawarkan oleh berbagai program bantuan, konsep manajemen energi yang berkelanjutan terus mendapatkan makna yang penting. Diterbitkan pada bulan Juni 2011, standar internasional ISO 50001 - Sistem manajemen energi membantu organisasi mengintegrasikan tanggung jawab mereka ke suatu sistem manajemen yang holistik, dan mengambil kesempatan yang ditawarkan.

Tujuan keseluruhan dari ISO 50001 adalah untuk sepenuhnya mendukung organisasi dalam upaya mereka untuk menyusun dan mengimplementasikan suatu sistem manajemen energi yang komprehensif, serta untuk terus meningkatkan kinerja energi mereka. Berdasarkan pemenuhan persyaratan hukum, identifikasi dan analisa dari semua yang berhubungan dengan pertimbangan energi, membuat transparan aliran energi, menghemat biaya, dan mengurangi emisi gas rumah kaca. ISO 50001 membantu organisasi dalam meraih tujuan yang berhubungan dengan energi secara sistematis, komprehensif, berorientasi pada tujuan dan sasaran yang berkelanjutan.

Jika anda membutuhkan informasi terkait dengan proses sertifikasi ISO 50001 bagi perusahaan atau instansi yang anda kelola atau pertanyaan seputar penerapan sistem manajemen energi ISO 50001, silahkan menghubungi kami iso@javaconsultindo.com atau +62 858 9001 9001, dengan senang hati kami akan berbagi pengalaman ini kepada anda.

Salam

Java Consultindo

another service