FOOD SAFETY - KEAMANAN PANGAN

Java Consultindo, MAKANAN yang sampai ke konsumen adalah melalui rantai pasokan yang bisa berhubungan dengan banyak jenis-jenis organisasi yang berbeda dan bahkan memungkinkan membentang melewati batas-batas negara. Satu saja mata rantai yang lemah dapat menyebabkan pada makanan yang tidak aman yang berbahaya bagi kesehatan, dan ketika hal ini terjadi, bahaya yang ditimbulkan dan berakibat kepada konsumen bisa berakibat sangat serius, dan tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk pemasok rantai makanan menjadi besar. Bahaya terhadap keamanan makanan dapat terjadi pada rantai pasokan di tahap manapun baik dari awal, tengah atau akhir, oleh karena itu kontrol yang memadai dalam keseluruhan proses sangatlah penting. 

Menyadari pentingnya akan ha lini maka untuk itulah ISO 22000 diciptakan untuk menyediakan semua jenis organisasi yang berhubungan dengan rantai makanan untuk mengimplementasikan sistem manajemen makanan. Hal iniberlaku mulai dari produsen pakan, produsen primer, produsen makanan, transportasi dan operator penyimpanan, subkontraktor hingga retail dan outlet layanan makanan, bersama-sama dengan organisasi terkait seperti produsen alat-alat, bahan kemasan, bahan pembersih, zat aditif dan bahan-bahan makanan pendukung.

FSSC 22000:2011 adalah Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan baru yang berdasarkan pada standar ISO yang sudah ada dan diakui secara internasional yaitu ISO 22000, ISO/TS 22002-1:2009 (atau setara PAS 220) dan ISO/TS 22003, khususnya ditujukan pada sektor industri makanan. FSSC 22000 dikelola oleh Yayasan Sertifikasi Keamanan Pangan yang berbasis di negara Belanda, dirilis pada tanggal 15 Mei 2009 dan diprakarsai oleh Badan Keamanan Pangan Dunia yaitu The Global Food Safety Initiative (GFSI). Produsen yang sudah memiliki sertifikat ISO 22000:2005 dan ingin disertifikasi FSSC 22000:2011 hanya membutuhkan validasi sertifikasi ISO 22000:2005 dan review tambahan ISO/TS 22002-1:2009.

Dengan Penerapan FSSC 22000:2011 dalam organisasi atau perusahaan anda maka di harapkan proses anda akan lebih terjamin dan perusahaan mendapatkan banyak manfaatnya, diantaranya:

  • Merupakan sebuah kerangka kerja yang kuat terhadap sistem manajemen yang terintegrasi dalam sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dan konsisten dengan aspek-aspek lain atau standar seperti ISO 9001 dan ISO 14001
  • Metodologi yang digunakan berdasarkan prinsip HACCP dan kemampuan untuk meningkatkan keamanan serta efisiensi produk makanan.
  • Berisi rincian penjelasan penggunaan pedoman ISO/TS 22002-1:2009 mengenai prasyarat program seperti yang diminta oleh Klausul ISO 22000 pasal 7.2.3
  • Menunjukkan suatu komitmen yang nyata menuju keamanan makanan yang global dan dapat mengubah bentuk citra perusahaan anda menjadi lebih baik dan juga sebagai suatu alat, sebagai jaminan terhadap keselamatan dan mutu organisasi untuk memastikan pemenuhan dengan semua perundang-undangan keselamatan makanan dan mengurangi resiko dari hukum.
  • Mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kebersihan makanan selama produksi.
  • Mengetahui prinsip higienis dan pedoman untuk pengendaliannya.
  • Mengetahui metode dan cara pengendalian atau tindakan terhadap penyimpangan yang terjadi.
  • Terjaminnya makanan dan minuman yang layak untuk dikonsumsi.
  • Terpeliharanya kepercayaan dari pelanggan domestik maupun international.
  • Meningkatnya pengetahuan akan pentingnya higienisnya makanan kepada semua karyawan.
  • Secara tidak langsung membantu masyarakat dalam penydiaan dan pengadaan makanan yang higienis.
  • Produk hewani, tidak termasuk proses pemotongan hewan (yaitu daging, unggas, telur, dan produk ikan)
  • Produk sayur dan buah (buah-buahan segar dan jus segar yaitu, buah diawetkan, sayuran segar, sayuran yang diawetkan)
  • Produk untuk penggunaan jangka panjang dan pada suhu kamar (produk makanan kaleng yaitu, biskuit, makanan ringan, minyak, air minum, minuman, pasta, tepung, gula, garam)
  • Produk (bio) kimia untuk pembuatan makanan, termasuk teknis dan teknologinya (yaitu vitamin dan aditif)
  • Salah satu hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa proses pembangunan, implementasi, dan sertifikasi dari FSSC 22000 adalah peningkatan yang terus menerus, dengan proses audit yang independen yang dibantu oleh tim konsultan merupakan salah satu elemen penting dari proses penilaian total

Jika anda membutuhkan informasi terkait dengan proses sertifikasi ISO 22000 bagi perusahaan atau instansi yang anda kelola atau pertanyaan seputar penerapan sistem manajemen keamanan pangan ISO 22000, silahkan menghubungi kami iso@javaconsultindo.com atau +62 858 9001 9001, dengan senang hati kami akan berbagi pengalaman ini kepada anda.

Salam

Java Consultindo

another service